INTRODUCTION

 

Setiap tulisan yang tersaji dan terbagi dalam chapter-chapter boleh jadi tidak berkaitan bahkan belum benar-benar ada yang selesai, karena petualangan terus berlanjut, terus berubah, terus bertambah/berkurang, tidak pernah ada kekekalan, terus belajar dan berbuat kesalahan, belajar lagi sesuatu yang baik dan benar, jatuh lagi dan lagi untuk terus belajar bangkit kembali, menghilang dan kembali mengada, semua belum dapat disimpulkan, belum bisa didefinisikan.

Semua belum berhenti, sebelum benar-benar meninggalkan nama ini dan jasad saat ini. Meninggalkan panggung sandiwara. Melepas aksesoris. Menyadarkan diri dari keterlenaan akan ketergantungan pada hal-hal yang fana. Saat terlepas dari kepalsuan. Meninggalkan kalian. Melupakan kalian.

Mudah-mudahan saat itu dekat, dan cepat. Saat sirnanya hempasan ombak dualisme. Saat ketika tidak perlu lagi ada benih prasangka, marah, benci, dendam, kecewa, membeda-bedakan, memanipulasi, bahkan tidak ada celah hasrat untuk riang, puas, bahagia, menyukai, mencintai, menyayangi, maupun mendamba. Saat melepas keinginan mendapat surga atau menjauhi neraka, dengan mengingat keutamaan manusia yang dicipta hanya untuk menghamba, mendaki tujuh anak tangga, hingga kembali bertabularasa bersama dengan-Nya.

 

BC, 2012